Image adalah representasi grafis dan visual dari beberapa informasi yang dapat ditampilkan pada layar komputer atau dicetak.
Bentuk –
bentuk image
Image terbagi
dalam beberapa bentuk , seperti :
- Fotografi
- Gambar
- Lukisan
- Televisi
- Gambar gerak
- Peta, dan lain - lain.
Perananan
Image
Image berperan
penting dalam dunia multimedia, diantaranya :
- Navigasi
- Komponen antarmuka pengguna
- Bantuan Sistem
- Clip art
Raster/Bitmap
Image
a. Raster Image
Raster Image
adalah gambar yang terbentuk dari titik – titik warna yang memiliki kedalaman
warna dan kerapatan tertentu antara satu titik dengan titik lainnya. Titik –
titik warna tersebut biasa disebut dengan Pixel. Pixel adalah elemen
terkecil dari resolusi di layar komputer (Screen Resolution).
Macam – macam
raster image :
1. Microsoft bitmap (.bmp)
Digunakan di Microsoft windows
2. TIFF – Tagged Image File Format (.tif)
Digunakan untuk faxing images (lebih banyak digunakan untuk yang lain)
3. JPEG – Joint Photographic Expert Group
(.jpg)
Berguna untuk menyimpan gambar foto
4. GIF – Graphics Interchange Format (.gif)
Banyak digunakan pada situs web
5. PNG – Portable Network Graphics (.png)
Format baru untuk web grafis
6. PCD – Kodak Photo CD
Format baru untuk menyimpan
gambar dalam dikompresi dari pada CD
Kelebihan dan
kekurangan raster image :
Kelebihan:
- Menyampaikan detail informasi dengan cepat
- Kehidupan nyata
Kekurangan
- Tergantung pada resolusi
- Berpengaruh terhadap kualitas sebuah
gambar
- Ukuran file tersebut menjadi besar
Software yang
mendukung raster image
1. Adobe Photoshop
2. Adobe Fireworks
3. Corel Paint shop pro
4. microsoft paint
5. microsoft photodraw
6. Open canvas
b. Bitmap Image
Gambar bitmap
adalah rekonstruksi dari gambar asli dan disimpan sebagai rangkaian pixel (titik
- titik) yang memenuhi bidang monitor. Resolusi dan kualitasnya bergantung pada
gambar asli.
Vektor/Metafile
Image
Gambar jenis
vektor tidak disimpan sebagai gambar berbasis pixel, tetapi sebagai rangkaian
instruksi algortima kurva, garis (arah dan ukurannya) serta warna dan berbagai
bangun lainnya.Vektor gambar menyimpan set grafik primitif yang diperlukan
untuk mewakili gambar.
Sebuah
primitif grafis adalah grafis sederhana berdasarkan gambar elemen atau objek
seperti bentuk persegi, garis, elips, busur, dll. Gambar terdiri dari satu set
perintah (persamaan matematika) yang ditarik objek bila diperlukan.
Bentuk
Primitive geometric drawing :
1. Basic : Line, Polyline, arc, Bezier curve
2. Text : font, weight
3. Shapes : Circle, ellipse, rectangle,
square, pie segment, triangle, pentagon dll
Macam-macam
format vektor image:
1. Windows Metafile (.wmf)
2. SVG – Scalable Vector Graphics (.svg)
3. CGM – Computer Graphics Metafile (.cgm)
4. Adobe Postscript (.ps)
5. Adobe Portable Document Format (.pdf)
6. Drawing Exchange Format (.dfx)
7. Encapsulated Postscript (.enf)
Kelebihan
dan kekurangan vektor image
Kelebihan
- Tidak memerlukan banyak memori untuk
menyimpan
- Lebih mudah untuk memanipulasi
Kekurangan
- Tingkat keterbatasan detail terlihat pada
gambar
Software yang
mendukung vektor image
1. Adobe Flash
2. Adobe Illustrator
3. Adobe Freehand
4. Microsoft Silverlight
Perbedaan
Tipe Compression Image
a. Lossless compression
Adalah salah
satu dari tipe compression image dengan cara memodifikasi data yang
terorganisir atau diwakili untuk mengurangi ukuran penyimpanan.
b. Lossy compression
Cobalah untuk
memaksimalkan kompresi tanpa kehilangan jelas bagi pengguna manusia.Hapus
detail selama kompresi. Kompresi diulang menyebabkan kerugian dalam
kualitas.
c. Warna
Warna adalah
komponen penting multimedia. Manajemen warna baik subjektif dan teknisdilihat dari beberapa tahap. Memilih warna yang tepat dan kombinasi
warna untuk proyek dapat melibatkan percobaan sampai Anda merasa hasil yang
tepat.
d. Memahami alam dan warna cahaya
Cahaya berasal
dari sebuah atom ketika sebuah elektron berpindah dari yang lebih tinggi ke
tingkat energi yang lebih rendah, sehingga setiap atom menghasilkan warna unik yangspesifik.
e. Graphics
Graphics
adalah salah satu perangkat yang digunakan untuk membuat gambar dan mendesain
aplikasi multimedia.
f. Model 3 – Dimensional Graphics
Sebuah variasi
dalam format vector yang berguna sebagai spesifikasi dalam koordinat x, y,dan
z. Model 3D graphics ini dapat ditemukan dalam bentuk kubus, balok, pyramid,
dll.
g. Image Hardware
o Hardware
untuk menangkap/memindahkan image
§ Scanner
Adalah alat
atau perangkat keras yang digunakan untuk memindahkan image atau gambar dari
hardware lain sehingga dapat dilihat atau disimpan dalam komputer. Kegunaan
scanner adalah untuk cek resolusi optimal dari gambar.
Bentuk scanner
:
– Drums
– Flat-bed
– Negative/slide
– Hand held
§ Kamera digital
Menggunakan
memori digital yang tersimpan di dalam kamera yang dicetak dalam film dan
gambar yang ditangkap ditransfer ke dalam komputer melalui kabel. Salah satu
jenis tipe kamera adalah Camcoder atau PC webcam yang merupakan produk rumahan
dengan resolusi rendah.
o Hardware
untuk menggambar / mengedit image
§ Graphics / digitizer tablet pen
Ditujukan untuk
menggambar oleh para digital artis dengan sensitivitas yang tinggi (touch
screen) dan dapat menggunakan mouse untuk membantu menggambar dengan hasil yang
bagus.
Bekerja dengan
grafis harus mempertimbangkan pedoman – pedoman sebagai berikut :
– Pilihlah grafis yang sesuai dengan pekerjaan Anda
– Pilihlah software yang sesuai
– Gunakan kedalaman warna minimum
h. Jenis dan kegunaan grafis secara efektif
Garis adalah
representasi gambar grafis dari benda-benda fisik.
Ada 3 macam
gambar garis:
– Isometric : merupakan objek 3-D tanpa
perspektif realistis
– Ortografik : adalah representasi 2-D dari
obyek
– Perspektif : merupakan objek dalam bentuk
yang paling realistis
Grafik dan Tabel
Hanya dalam
sekejap, grafik dapat menyediakan data spesifik, menunjukkan kecenderungan umum
data atau menggambarkan hubungan antara data yang ada dan data yang baru.
Diagram
Membantu
pengguna konsep proses, aliran atau keterkaitan. Contoh diagram meliputi: diagram
flow, skematis gambar dan diagram blok.
i. Kelebihan dan kekurangan menggunakan Image
Kelebihan
– Menyampaikan banyak informasi secara cepat
– Dapat menambahkan simulasi visual dan
warna
– Dapat berkomunikasi lintas batas bahasa
– Meningkatkan media lainnya
Kekurangan
– Tidak memberikan penjelasan secara
mendalam
– Grafik jarang digunakan untuk menyampaikan
seluruh pesan dalam pengaturan bisnis, teknis atau keselamatan
– Dapat disalahartikan
– Grafik harus digunakan dengan hati-hati
untuk memastikan agar pesan tidak ambigu atau cryptic
Sumber :
http://intstring.blogspot.com/2013/07/image.html
No comments:
Post a Comment