Tuesday, May 20, 2014

Sistem Multimedia Pertemuan 10

Multimedia Design Principles

Navigasi
• Pertanyaan Kunci
– Where am I? (Di mana aku ?)
– Where have I been? (Dari mana aku?)
– Where can I go to? (Ke mana aku bisa pergi?)
• Teknik Navigasi
– Browsing
– Searching
– Site Maps
– Indexes

Navigasi
• Menyediakan indikator - ‘you are here’
– Cascading menus
– Thumbnail maps
– Color coding
• Menyediakan ‘Search facilities’
– Sitemaps

Atribut Usability
• Kecocokan antara sistem dan dunia nyata
• Kendali dan kebebasan 􀃆 menyediakan undo dan redo
• Konsistensi dan standarisasi 􀃆 “exit” atau “quit” ?
• Pencegahan kesalahan
• Fleksibilitas dan efisiensi penggunaan ->expert/basic mode
• Estetika dan perancangan minimalis
• Bantu user untuk mengenali, mendiagnosa, dan memperbaiki kesalahan -> understandable error Message

Isu Perancangan Antarmuka
• Hyperlinks, icons dan buttons
• Penempatan (Alignment)
• Text
• Warna
• Ukuran dan resolusi layar

Hyperlinks, Icons, dan Buttons
• Gunakan warna umum untuk mengindikasikan status hyperlinks (selected, rollover, atau clicked)
• Sediakanicons/buttons yang masuk akal
• Jangan paksa user untuk mengenali icon baru/spesial
• Bagaimana buttons diaktifkan/dipilih -> highlight atau perubahan bentuk

Penempatan (Alignment)
• Baik untuk elemen ‘horizontal’ maupun ‘vertical’
• Alignment yang baik membantu komunikasi yang lebih baik / bersih
• Centered text terlihat tidak indah dan menambah waktu membaca
• Keseragaman alignment untuk semua elemen dikeseluruhan halaman website

Text
• Membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membacadari layar daripada dari buku
• Perhatikan hirarki informasi
• Tampilkan informasi kunci lebih dulu
• Dalam menulis : langsung, padat, paragraf pendek dan gunakan point-point (bulleted lists)
• Batasi penggunaan typefaces : max 2 typeface
• Sans-serif faces lebih mudah dibaca

Warna
• Gunakan kombinasi yang sederhana 􀃆 teori warna
• Warna hangat (warm colors) terlihat lebih besar dari warna dingin (cool colors)
• Warna cerah (bright colors) lebih besar dari warna gelap (dark colors)
• Warna kuat (intense), warna primer (saturated) dapat menyebabkan mata lelah jika digunakan dalam jumlah besar, jadi jangan gunakan warna-warna tersebut sebagai latar belakang (background)

Poin-Poin Perancangan Interface
• Tentukan di mana area kendali (control area) dan area
utama (stage area)
• Pilih gambar background yang tidak ramai dan gambar
button yang tepat
• Perlihatkan ke-penting-an suatu informasi secara visual
• KISS

Metafora
• Aplikasi yang kompleks dapat dimengerti dengan lebih mudah jika user interfacenya digambarkan dengan sesuatu yang sudah umum
• Metafor yang tepat memudahkan user untukbbelajar/mengingat aturan/prosedur aplikasi sesedikit mungkin

Isu-Isu Metafora
• Digunakan untuk menggambarkan aplikasi, bukan suatu button
• Memungkinkan beberapa metafora dalam satu aplikasi
• Metafora tidak harus selalu ada
• Gunakan metafora yang akan dimengerti oleh lebih banyak user
• Beberapa metafora belum tentu dikenal pada kebudayaan yang berbeda

http://

No comments:

Post a Comment