Multimedia Application
CBT, Virtual Reality, and Games
Outline Materi
• Ragam Nama
• Apakah CAI ?
• Tipe-Tipe Software
CAI
• Keuntungan CAI
• Virtual Reality
• Pengembangan Games
Outline Materi
• Ragam Nama
• Apakah CAI ?
• Tipe-Tipe Software CAI
• Keuntungan CAI
• Virtual Reality
• Pengembangan Games
Apakah CAI ?
• Computer
Assisted Instruction mengacu pada sebuah sistem
instruksional
pendidikan yang dilakukan hampir seluruhnya menggunakan
komputer. Sistem
ini biasanya memiliki fungsi-fungsi seperti :
– Mengukur
kemampuan siswa dengan sebuah pre-test
– Menampilkan
materi edukasional dalam bentuk yang dapat dinavigasikan
– Menyediakan
penggalian berulang untuk mengembangkan pengetahuan siswa
– Memungkinkan
untuk menyediakan penggalian berbasis game untuk menambah kesenangan belajar
– Mengukur
kemajuan siswa dengan sebuah post-test
– Mengarahkan
siswa melalui banyak courseware instructional programs
– Mencatat nilai
dan kemajuan siswa untuk inspeksi akhir oleh instruktur
Tipe-tipe Software CAI
• Drill and
Practice
– Biasanya,
kegiatan drill and practice merupakan kegiatan tambahan dari proses pengajaran yang
“normal”
– Drill and
practice merupakan tipe yang bagus untuk penguasan materi dasar
– Dapat
digambarkan seperti sistem “flash card” dari model stimulus-response
– Kecepatan
dibutuhkan baik untuk tampilan maupun umpan balik (feedback)
• Games
– Dapat
menambahkan angka penilaian, dapat berupa format individu atau tim
– Memiliki potensi
untuk memberikan lingkungan yang memotivasi
• Simulations
– Dapat
menyediakan microworlds (contoh : dunia tanpa gesekan atau grafitasi)
– Simulations merupakan
tipe yang aman, murah, cepat, lambat, bersih dan memungkinkan
• Tutorials
– Self-paced,
dimana komputer berperan sebagai tutor yang sangat sabar dan bijaksana
Keuntungan CAI
• Menghemat waktu
training
• Menekankan quality
design
• Menyediakan
kurikulum standar
• Mudah diubah
dan diperbaharui (updated)
Definisi Virtual
Reality
• Apakah virtual
reality?
– Virtual –
• Memberikan
pengalaman, tapi tidak secara nyata
– Reality –
• Keadaan atau
kualitas menjadi nyata. Sesuatu yang ada tanpa bergantung pada hal-hal yang berhubungan
dengan nya. Sesuatu yang membentuk hal yang nyata / aktual
– Virtual Reality
• Program
informasi “immersive” (atau area yang luas), multi-sensory,yang di-generate melalui
komputer, yang men-track pengguna secara real time
Elemen Kunci dari Pengalaman Virtual Reality
• Virtual World (dunia
virtual) - content dari
sebuah medium
yang diberikan
– screen play, script,
dll.
– Aktor
memperagakan permainan memungkinkan kita untuk mengalami virtual world
• Immersion –
sensasi berada dalam sebuah lingkungan
– mental immersion
– suspension of disbelief
– physical
immersion – secara badan/fisik memasuki media
– Berhubungan
dengan presence – (mentally immersed) sensasi user berada dalam virtual environment
(Slater)
Elemen Kunci dari Pengalaman Virtual Reality
• Sensory
Feedback – informasi mengenai virtual world ditampilkan ke indra user
– Visual (paling
umum)
– Audio
– Sentuhan
• Interactivity –virtual
world merespon aksi user
– Komputer membuat
hal ini mungkin
– Real-time
Peranan Tim
Pengembang Game
• Game Designer
– Orang yang
mendesain games. Istilah ini biasanya mengacu pada orang yang mendesain
komputer atau video game, tapi juga mengacu pada orang yang mendesain game tradisional
• Artists
– Bertanggungjawab
pada semua aspek game yang membutuhkan visual art
• Programmers
– Seorang software
engineer yang tugas utamanya mengembangkan computer atau video game atau software
terkait (seperti : game development tools)
• Level designers
– Orang yang
membuat level-level dalam komputer dan/atau komputer game k ki ifik menggunakan
serangkaian program yang spesifik
• Sound engineers (composers,
dan untuk efek suara (sound effects))
• Testers
– Orang yang
pekerjaannya melakukan percobaan / test pada video dan computer games untuk menemukan
bugs, errors dan kemungkinan konflik (masalah) sebagai sebuah proses quality
control
• Producers
– Orang yang
berwenang dalam mengontrol pengembangan sebuah video atau komputer game
No comments:
Post a Comment