Multimedia Design for World
Wide Web
Outline Materi
• Teknologi WWW
• Authoring Tools
untuk WWW
• Desain untuk
WWW
• Konsiderasi
untuk Elemen-Elemen Multimedia
Teknologi WWW
• HTML (HyperText
Markup Language)
– DHTML (Dynamic
HTML)
– XML (eXtensible
Markup Language)
– SMIL (Synchronized
Multimedia Integration Language)
– VRML (Virtual
Reality Markup Language)
• Dukungan Browser
– Plug-in media
handlers: memungkinkan movie, file multimedia ditampilkan melalui native
browser,seperti: shockwave plugin,Quicktime VR, real audio, acrobat reader
– JAVA Script:
memungkinkan transfer dari applets, program kecil melalui HTTP dan dijalankan
pada browser.
Halaman-halaman Web
• Halaman-halaman web
dibuat dari text documents yang mendasar
• Halaman-halaman web
dapat dibuat di text editor apapun, seperti: notepad
• Elemen-elemen multimedia
(kecuali text) disimpan ke dokumen secara eksternal
• HTML
mendefinisikan format (look - tampilan) dan fungsional (feel - kegunaan) dari
halaman-halaman web dan menyediakan link ke sumber-sumber eksternal
Keuntungan HTML
• Ukuran file
kecil
• Tidak
membutuhkan authoring tools yang mahal
• Ruang web yang
terjangkau
• Tidak
membutuhkan ketrampilan programming
• Menyediakan
link-link ke lokasi eksternal dan download
• Sekali upload,
menyediakan “Publikasi instan”
• Dapat dilihat
pada komputer manapun dengan software web browser yang gratis
Kerugian HTML
• Apa yang
dirancang tidak akan tampil sama di setiap komputer
• Tidak ada
standar HTML
• Browser yang
berbeda mendukung HTML tags yang berbeda/unik
• Hardware yang
berbeda mempengaruhi hasil akhir
• Hypertext hanya
menyediakan interaksi yang terbatas
Authoring Tools untuk WWW
• Macromedia Dreamweaver
• Microsoft Frontpage
Hal Berkaitan Dengan Desain
• Browser yang berbeda
• Ukuran monitor dan window
• Bandwidth
• Accessibility
• Usability
Browser yang berbeda
• Tidak semua web
browser mendukung fitur yang dimiliki, seperti implementasi dari
DHTML yang berbeda
• Setting pada browser
mempengaruhi produk akhir
– Font yang dipilih
dan di-install
– Warnabackground
– WarnaHypertext
– Image Autodownloading
– Ukuranwindow
Hal Berkaitan Dengan Monitor & Window
• Banyak orang
yang menggunakan web dengan resolusi yang beragam dan layar window dengan ukuran
yang berbeda
• Rekomendasi gunakan liquid design ketika mendesain halaman-halaman web
• Kita dapat
mendesain dengan menggunakan resolusi layar yang umum
• Personal
Digital Assistants (contoh : Palm, Windows CE, dan peralatan WAP lain mempunyai
resolusi layar yang rendah)
Liquid Design
• Liquid design website yang dapat menyesuaikan diri pada ruang yang tersedia, seperti
air yang mengambil ruang dalam gelas
Bandwith
• Rule of thumb (aturan
dasar) bagi orang yang menggunakan modem dengan 28.8k adalah 2kps untuk
mentransfer
grafik pada web
• Contoh : sebuah
grafik standard 40k bisa mengambil waktu 20 detik untuk tampil pada browser dari
user
Hal Berkaitan Dengan Accessibility
• Visual Impaired
Users (User Tuna Netra)
– Tidak dapat
mengakses image yang digunakan untuk menyampaikan konten atau untuk membantu
navigasi
– Kesulitan dalam
membedakan elemen layar yang penting atau text yang menggunakan image sebagai background
• Solusi
– Menyediakan ALT
text untuk deskripsi singkat dari grafik, gunakan Longdesc attributes (Dalam HTML,
longdesc adalah attribute yang digunakan dalam image element, frame element,
atau iframe element) atau berikan link ke halaman lain untuk content yang lebih
panjang.
– Banyak
pergerakan, pencahayaan dan lain lain, dapat mengganggu, hadi hindari client-based
refresh & redirection, banyak animasi gif dan lain sebagainya
– Hindari
menggunakan frame atau table yang tidak dibutuhkan
The Ten Most Violated Homepage Design Guidelines
oleh Jacob
Nielsen
1. Tampilkan
dengan jelas apa yang ditawarkan oleh site anda yang berguna untuk user dan
bagaimana layanan anda dibedakan dari kompetitor yang lain
2. Gunakan liquid
layout yang memungkinkan mengatur ukuran homepage
3. Gunakan warna
untuk membedakan links yang sudah dan belum dikunjungi
4. Gunakan graphics
untuk menampilkan konten sebenarnya, bukan hanya untuk mendekorasi homepage
anda
5. Masukkan tag
line yang secara eksplisit menyimpulkan apa yang dilakukan oleh situs atau
perusahaan
6. Mudahkan akses
ke features baru dari homepage anda
7. Masukkan
deskripsi singkat dari situs pada window title
8. Jangan
menggunakan heading untuk memberi label pada area pencarian; lebih baik
gunakan sebuah
tombol “Search” di sebelah kanan kotak
9. Untuk stock
quotes, tampilkan juga persentase perubahan, bukan hanya poin yang didapat atau
hilang
10. Jangan
masukkan link aktif ke homepage pada homepage itu sendiri
Text untuk Web
• Pengguna boleh
memilih untuk melihat website menggunakan font yang disukai (setting user
preference dalam browser)
• Font Face standar
: Times New Roman, Courier, dll
• Untuk
fleksibilitas dalam mengatur font : CSS (Cascading Style Sheets)
– CSS tersedia
dalam DHTML
Images untuk Web
• Format Standar
: GIF, PNG, JPEG
• Format lain
membutuhkan plug-ins khusus
• GIF dan PNG
adalah kompresi lossless dan mendukung transparansi
• PNG -> pengganti GIF
• JPEG -> kompresi lossy, sepuluh kali lebih terkompres daripada GIF
• Macromedia
Fireworks dirancang khusus untuk membuat grafik bagi halaman-halaman web
Suara untuk Web
• Format standar
: AU, Wav, MIDI embedded
• MIDI biasanya
digunakan untuk latar belakang musik
• Ukuran Wav
besar – 11khz, 8 bit mono mengurangi kualitas tetapi tetap dapat didengar
• Menggunakan plug-in
: Shockwave Audio (swa), QuickTime
Animasi untuk Web
• HTML Tag :
<blink> dan <marquee>
• Javascript
• Animated GIF
(GIF89) dapat digunakan untuk membuat animasi cel yang sederhana
• Animation
Plug-ins/players : Director, Flash, QuickTimeVR Catatan : Walaupun animasi baik untuk menarik perhatian
user, tapi perhatikan untuk tidak
menggunakan animasi blink untuk text
bacaan
Flash atau non-Flash?
• Keuntungan
Flash
– Sedang tren
– Perancanan yang
bagus
– Kontrol penuh
dan fleksibel bagi perancang untuk merancang interaksi dengan user
• Hal berkaitan
dengan Flash
– Download yang
lama bagi user dengan internet koneksi yang lama
– Membutuhkan plug-in
tambahan
– Versi yang
berbeda membutuhkan plug-in yang berbeda
– Tidak dapat
mengakomodasi text dalam jumlah besar
– Sulit / Tidak
mungkin untuk user tuna netra untuk menggunakan
Video untuk Web
• Elemenmultimedia
dengan ukuran paling besar
• Low bandwidth
video membutuhkan kompresi
– Pilihlah teknik
kompresi yang paling sering digunakan
• Teknologi Streaming
– Data ‘streams’
(mengalir) dari server ke player
– Player mulai
bekerja saat data sedang streaming (mengalir)
– Audio streaming
menggunakan sebuah buffer
– Video streaming
menggunakan sebuah buffer yang lebih besar
– Contoh : www.youtube.com
No comments:
Post a Comment