Multimedia Design Principles
Navigasi
• Pertanyaan
Kunci
– Where am I? (Di
mana aku ?)
– Where have I
been? (Dari mana aku?)
– Where can I go
to? (Ke mana aku bisa pergi?)
• Teknik Navigasi
– Browsing
– Searching
– Site Maps
– Indexes
Navigasi
• Menyediakan
indikator - ‘you are here’
– Cascading menus
– Thumbnail maps
– Color coding
• Menyediakan ‘Search
facilities’
– Sitemaps
Atribut Usability
• Kecocokan antara
sistem dan dunia nyata
• Kendali dan
kebebasan menyediakan undo dan redo
• Konsistensi dan
standarisasi “exit” atau “quit” ?
• Pencegahan
kesalahan
• Fleksibilitas
dan efisiensi penggunaan ->expert/basic mode
• Estetika dan
perancangan minimalis
• Bantu user untuk
mengenali, mendiagnosa, dan memperbaiki kesalahan -> understandable error Message
Isu Perancangan
Antarmuka
• Hyperlinks,
icons dan buttons
• Penempatan (Alignment)
• Text
• Warna
• Ukuran dan
resolusi layar
Hyperlinks, Icons,
dan Buttons
• Gunakan warna
umum untuk mengindikasikan status hyperlinks (selected, rollover, atau clicked)
• Sediakanicons/buttons
yang masuk akal
• Jangan paksa user
untuk mengenali icon baru/spesial
• Bagaimana
buttons diaktifkan/dipilih -> highlight atau perubahan
bentuk
Penempatan (Alignment)
• Baik untuk
elemen ‘horizontal’ maupun ‘vertical’
• Alignment yang
baik membantu komunikasi yang lebih baik / bersih
• Centered text terlihat
tidak indah dan menambah waktu membaca
• Keseragaman alignment
untuk semua elemen dikeseluruhan halaman website
Text
• Membutuhkan
waktu yang lebih lama untuk membacadari layar daripada dari buku
• Perhatikan
hirarki informasi
• Tampilkan
informasi kunci lebih dulu
• Dalam menulis :
langsung, padat, paragraf pendek dan gunakan point-point (bulleted lists)
• Batasi penggunaan
typefaces : max 2 typeface
• Sans-serif faces
lebih mudah dibaca
Warna
• Gunakan
kombinasi yang sederhana teori warna
• Warna hangat (warm
colors) terlihat lebih besar dari warna dingin (cool colors)
• Warna cerah (bright
colors) lebih besar dari warna gelap (dark colors)
• Warna kuat (intense),
warna primer (saturated) dapat menyebabkan mata lelah jika digunakan dalam
jumlah besar, jadi jangan gunakan warna-warna tersebut sebagai latar belakang (background)
Poin-Poin
Perancangan Interface
• Tentukan di mana
area kendali (control area) dan area
utama (stage area)
• Pilih gambar background
yang tidak ramai dan gambar
button yang tepat
• Perlihatkan
ke-penting-an suatu informasi secara visual
• KISS
Metafora
• Aplikasi yang
kompleks dapat dimengerti dengan lebih mudah jika user interfacenya digambarkan
dengan sesuatu yang sudah umum
• Metafor yang
tepat memudahkan user untukbbelajar/mengingat aturan/prosedur aplikasi
sesedikit mungkin
Isu-Isu Metafora
• Digunakan untuk
menggambarkan aplikasi, bukan suatu button
• Memungkinkan
beberapa metafora dalam satu aplikasi
• Metafora tidak
harus selalu ada
• Gunakan metafora
yang akan dimengerti oleh lebih banyak user
• Beberapa
metafora belum tentu dikenal pada kebudayaan yang berbeda
http://
No comments:
Post a Comment