Video Adalah
Video
adalah teknologi pemrosesan sinyal elektronik mewakilkan gambar bergerak.
Aplikasi umum dari teknologi video adalah televisi, tetapi dia dapat juga
digunakan dalam aplikasi teknik, saintifik, produksi dan keamanan.
MACAM-MACAM
VIDIO
Video
IP Adalah video yang dilewatkan
melalui IP. Terdapat tiga kategori video pada saat mereka dipancarkan pada
publik baik melewati satelit, melalui kabel, dan melalui IP atau format radio
analog.
Kategori
pertama adalah memancarkan video dari satu sumber ke berbagai tujuan.
Pemancaran seperti ini terjadwal, sedangkan pemancaran lewat IP multicast
kepada pengguna jaringan bisa secara langsung atau rekaman.
Kategori
kedua adalah video berdasarkan permintaan, jadi hanya satu pengguna yang ingin
melihat transmisi file video yang disimpan dalam IP unicast. Video ini
sebelumnya direkam dan disimpan di server.
Kategori
ke tiga adalah sebuah konferensi video interaktif yang bisa berlangsung antara
2 atau lebih pengguna. Ini adalah tipe video paling kompleks, dan dibutuhkan baik
transmisi IP unicast bahkan di beberapa kasus multicast tergantung skenarionya
masing-masing.
Videotex Istilah yang dibuat ITU untuk
menjelaskan peralatan TV yang digunakan untuk menampilkan data berbasis
komputer, baik dikirimkan lewat telepon atau lewat kanal pemancar.
Video
Out Fitur pada perangkat keras
yang bisa menghubungkan kamera ke video in port pada televisi atau monitor dan
menampilkan citra digital di layar video.
Video
RAM Disingkat dengan VRAM. Tipe
spesial dari DRAM yang memungkinkan akses direct high speed memory melalui
sirkuit video. Jenis memori ini lebih mahal bila dibandingkan chips DRAM yang
konvensional.
Videotext Suatu kemampuan untuk mengirimkan
mentransmisikan secara dua arah dari suatu gambar dan suara.
Jenis-jenis Video
Video
Pada dasarnya terdapat dua jenis video dalam layer computer, yaitu : analog dan digital video.
a. Video Analog merupakan produk dari industri pertelevisian dan oleh sebab itu dijadikan sebagai standar televise
b. Video Digital adalah produk dari industri computer dan oleh sebab itu dijadikan standar data digital.
Pada dasarnya terdapat dua jenis video dalam layer computer, yaitu : analog dan digital video.
a. Video Analog merupakan produk dari industri pertelevisian dan oleh sebab itu dijadikan sebagai standar televise
b. Video Digital adalah produk dari industri computer dan oleh sebab itu dijadikan standar data digital.
1.
Video Analog
Meskipun banyak video yang diproduksi hanya untuk platform display digital(untuk Web, CD-ROM, atau sebagai presentasi HDTV DVD), video analaog (kebanyakan masih digunakan untuk penyiaran televisi) masih merupakan platform yang paling banyak diinstal untuk mengirim dan melihat video.
Standar Penyiaran Video Analog :
Tiga standar penyiaran video analog yang paling banyak digunakan di dunia adalah NTSC, PAL, dan SECAM.
a. NTSC
Amerika serikat, Kanada, Meksiko, Jepang, dan banyak Negara lain menggunakan system penyiaran dan pemutaran video berdasarkan spesifikasi yang dibuat pada tahun 1952, National Television Standar Comitee. Standar ini
mendefinisikan sebuah metode untuk mengenkode informasi kedalam sinyal video terbuat dari 525 garis Horizontal yang di-scan dan digambar ke dalam wajah dalam tabung gambar berfosfor setiap 1/30 detik dengan electron yang bergerak cepatb. PAL
Sistem Phase Alternate Line (PAL) digunakan di Inggris, Eropa Barat, Australia, Afrika Selatan, Cina, dan Amerika Selatan. PAL meningkatkan resolusi layer menjadi 625 garis Horizontal, namun memperlamabta kecepatan scan menjadi 25 frame per detik. Sama seperti saat penggunaan NTSC, garis genap dan ganjil digabungkan , setiap field memerlukan 1/50 detik untuk menggambar (50Hz).
Meskipun banyak video yang diproduksi hanya untuk platform display digital(untuk Web, CD-ROM, atau sebagai presentasi HDTV DVD), video analaog (kebanyakan masih digunakan untuk penyiaran televisi) masih merupakan platform yang paling banyak diinstal untuk mengirim dan melihat video.
Standar Penyiaran Video Analog :
Tiga standar penyiaran video analog yang paling banyak digunakan di dunia adalah NTSC, PAL, dan SECAM.
a. NTSC
Amerika serikat, Kanada, Meksiko, Jepang, dan banyak Negara lain menggunakan system penyiaran dan pemutaran video berdasarkan spesifikasi yang dibuat pada tahun 1952, National Television Standar Comitee. Standar ini
mendefinisikan sebuah metode untuk mengenkode informasi kedalam sinyal video terbuat dari 525 garis Horizontal yang di-scan dan digambar ke dalam wajah dalam tabung gambar berfosfor setiap 1/30 detik dengan electron yang bergerak cepatb. PAL
Sistem Phase Alternate Line (PAL) digunakan di Inggris, Eropa Barat, Australia, Afrika Selatan, Cina, dan Amerika Selatan. PAL meningkatkan resolusi layer menjadi 625 garis Horizontal, namun memperlamabta kecepatan scan menjadi 25 frame per detik. Sama seperti saat penggunaan NTSC, garis genap dan ganjil digabungkan , setiap field memerlukan 1/50 detik untuk menggambar (50Hz).
c.
SECAM
Sistem Sequantial Color and Memory (digunakan di Perancis. Eropa timur, USSR (sekarang Rusia), dan beberapa Negara lai. Meskipun SECAM merupakan system dengan 625 garis, 50 Hz, namun berbeda jauh dari system warna NTSC dan PAL dalam hal dasar teknologi dan metode penyiaran. Terkadang TV yang dijual di Eropa memanfaatkan dual komponen dan dapat menggunakan system PAL dan SECAM.
d. ATSC
High Definition Television (HDTV). Hal penting untuk produser multimedia , standar tersebut mengizinkan adanya transmisi data ke komputer dan untuk layanan ATV interaktif yang baru .
High Definition Television (HDTV) menyediakan resolusi tinggi dengan aspek rasio 16:9. Industri penyiaran telah mengumumkan secara resmi format interlaced 1920 x 1080 resolusi ultra-high sebagai batu penjuru generasi baru dari pusat hiburanterkemuka, namun industri komputer lebih senang memakai sistem scan progresif 1280 x 720 untuk HDTV. Orang-orang yang berkecimpung dibidang computer berpendapat nahwa kualitas gambar dalam 1280×720 lebih superior dan stabil. Kedua format telah dimasukkan dalam standar HDTV .
Sistem Sequantial Color and Memory (digunakan di Perancis. Eropa timur, USSR (sekarang Rusia), dan beberapa Negara lai. Meskipun SECAM merupakan system dengan 625 garis, 50 Hz, namun berbeda jauh dari system warna NTSC dan PAL dalam hal dasar teknologi dan metode penyiaran. Terkadang TV yang dijual di Eropa memanfaatkan dual komponen dan dapat menggunakan system PAL dan SECAM.
d. ATSC
High Definition Television (HDTV). Hal penting untuk produser multimedia , standar tersebut mengizinkan adanya transmisi data ke komputer dan untuk layanan ATV interaktif yang baru .
High Definition Television (HDTV) menyediakan resolusi tinggi dengan aspek rasio 16:9. Industri penyiaran telah mengumumkan secara resmi format interlaced 1920 x 1080 resolusi ultra-high sebagai batu penjuru generasi baru dari pusat hiburanterkemuka, namun industri komputer lebih senang memakai sistem scan progresif 1280 x 720 untuk HDTV. Orang-orang yang berkecimpung dibidang computer berpendapat nahwa kualitas gambar dalam 1280×720 lebih superior dan stabil. Kedua format telah dimasukkan dalam standar HDTV .
2.
Video Digital
Integrasi Penuh dari video digital dalam kamera dan komputer mengurangi nemtuk televisi analog dari video dari produksi multimedia dan platform pengiriman, jika kamera video anda menggerakkan sinyal output digital, Anda dapat merekam video
Anda langsung ke disk, yang siap untuk diedit. Jika sebuah video klip disimpan sebagai data pada hard disk, CD-ROM atau perangkat penyimpanan massal lain, Dunia video kini telah mengalami perubahan dari analog ke digital. Pada konsumen rumahan dan perkantoran kita dapat menikmati kualitas video digital yang prima lewat hadirnya teknologi VCD dan DVD (Digital Versatile Disc), sedangkan dunia broadcasting kini juga lambat laun mengalihkan teknologinya kearah DTV (Digital Television).
Integrasi Penuh dari video digital dalam kamera dan komputer mengurangi nemtuk televisi analog dari video dari produksi multimedia dan platform pengiriman, jika kamera video anda menggerakkan sinyal output digital, Anda dapat merekam video
Anda langsung ke disk, yang siap untuk diedit. Jika sebuah video klip disimpan sebagai data pada hard disk, CD-ROM atau perangkat penyimpanan massal lain, Dunia video kini telah mengalami perubahan dari analog ke digital. Pada konsumen rumahan dan perkantoran kita dapat menikmati kualitas video digital yang prima lewat hadirnya teknologi VCD dan DVD (Digital Versatile Disc), sedangkan dunia broadcasting kini juga lambat laun mengalihkan teknologinya kearah DTV (Digital Television).
Arsitektur
Video Digital
Arsitektur
Video Digital tersusun atas sebuah format untuk mengenkode dan memainkan
kembali file video dengan komputer dan menyertakan sebuah player yang dapat
mengenali dan membuka file yang dibuat untuk format tersebut. Arsitektur video
digital yang utama adalah AppleQuicktime, Microsoft Windows Media Format, dan
Real Network RealMedia. Format file video yang terkait adalah QuickTime movie
(.mov), Audio Video Interleaved(.AVI), Windows Media Video (.wmv) , dan
RealMedia (.rm). Beberapa player mengenali dan memainkan lebih dari satu format
file video.
Video, seperti halnya audio juga mengalami proses yang serupa yaitu biasanya direkam dan dimainkan sebagai sinyal analog. Untuk itulah harus dikonversi menjadi digital terlebih dahulu agar dapat diproses menjadi sebuah multimedia title.
Defenisi dan Tujuan Editing
Editing adalah proses menggerakan dan menata video shot/hasil rekaman gambar menjadi suatu rekaman gambar yang baru dan enak untuk dilihat.
1. menata, menambahkan atau memindahkan klip video atau klip audio
2. menerapkan colour correction, filter dan peningkatan yang lain
3. membuat transisi antara klip
Video, seperti halnya audio juga mengalami proses yang serupa yaitu biasanya direkam dan dimainkan sebagai sinyal analog. Untuk itulah harus dikonversi menjadi digital terlebih dahulu agar dapat diproses menjadi sebuah multimedia title.
Defenisi dan Tujuan Editing
Editing adalah proses menggerakan dan menata video shot/hasil rekaman gambar menjadi suatu rekaman gambar yang baru dan enak untuk dilihat.
1. menata, menambahkan atau memindahkan klip video atau klip audio
2. menerapkan colour correction, filter dan peningkatan yang lain
3. membuat transisi antara klip
Tujuan
Editing
Ada banyak alasan kita melakukan pengeditan dan pendekatan editing sangat bergantung dari hasil yang kita inginkan. yang terpenting adalah ketika kita melakukan pengeditan, pertama adalah meetapkan tujuan kita melakukan editing. namun, secara umum, tujuan editing adalah sebagai berikut:
1. memindahkan klip video yang tak dikehendaki
2. memilih gambar dan klip yang terbaik
3. menciptakan arus
4. menambahkan efek, grafik, musik dll
5. mengubah gaya dan suasana hati dan langkah dari gambar
6. memberikan sudut yang menarik bagi hasil rekaman
Ada banyak alasan kita melakukan pengeditan dan pendekatan editing sangat bergantung dari hasil yang kita inginkan. yang terpenting adalah ketika kita melakukan pengeditan, pertama adalah meetapkan tujuan kita melakukan editing. namun, secara umum, tujuan editing adalah sebagai berikut:
1. memindahkan klip video yang tak dikehendaki
2. memilih gambar dan klip yang terbaik
3. menciptakan arus
4. menambahkan efek, grafik, musik dll
5. mengubah gaya dan suasana hati dan langkah dari gambar
6. memberikan sudut yang menarik bagi hasil rekaman
beberapa
istilah dalam video editing
1. capture device: adalah alat atau perangkat keras yang
mengubah atau mengkonversi video analog ke video digital
2. compressors and codec: adalah
perangkat lunak atau program yang memadatkan atau menghilangkan. compress atau
pemadatan untuk membuat ukuran video menjadi lebih kecil
3. editing: proses mengubah dan memanipulasi serta
mengumpulkan video klip, audio track,grafik dan material lain menjadi suatu
paket tayangan yang menarik dan baik. editing juga membuat transisi antar
klip.editing menjadi bagian dari proses post production atau pasca produksi.
4. edit decision list (edl): daftar keputusan mengenai hal-halyang
dimasukan atau dikeluarkan dalam proses editing.
5. encoding adalah proses mengubah video klip
dalam format tertentu. misalnya format 3gp menjadi format avi, wmv, mpeg, dat.
6. transitian adalah jalan atau cara
mengubah/memadukan satu shot ke shot berikutnya
MPEG
MPEG
(Motion Picture Expert Group) adalah nama organisasi internasional ISO/IEC yang
mengembangkan standar pengkodean citra bergerak. Beberapa standar yang
dikembangkan adalah MPEG-2 dan MPEG-3. Encoding MPEG-2 digunakan pada video CD,
sementara MPEG-3 menjadi populer dengan tampilnya lapisan audio (audio layer)
MPEG-3, yang dikenal dengan MP3.MPEG berkembang menjadi beberapa kategori:
MPEG-1,
standar pengompresan suara dan gambar pada Video CD termasuk juga sebagai
lapisan audio 3(audio layer 3) MP3 format kompresi untuk suara (audio).
MPEG-2,
standar untuk penyiaran suara dan gambar over-the-air televisi digital ATSC,
DVB dan ISDB, satelit televisi digital Dish Network, sinyal digital cable
television dan juga DVD
MPEG-3,
standar untuk High-definition television HDTV
MPEG-4,
pengembangan dari MPEG-1 untuk mendukung objek suara/gambar televisi tiga
dimensi (3D)
MPEG-7,
standar suatu sistem format untuk menggambarkan isi dari suatu multimedia.
MPEG-21,
standar MPEG untuk generasi masa depan (rangka multimedia)
Kelemahan
video utamanya berimbas
kepada dunia pelajar:
Dewasa
ini permainan video komputer merupakan salah satu aktiviti yang digemari oleh
golongan pelajar tidak kira di bandar mahupun desa. Berlandaskan kemajuan dalam
bidang sains dan teknologi, menggalakkan para pengusaha menyediakan pelbagai
program yang menarik serta mencabar. Tidak hairanlah golongan pelajar yang
terlibat dalam permainan ini akan rmenghabiskan masa berjam-jam di pusat-pusat
permainan komputer tersebut. Keasyikan dan keseronokan ketika berada di pusat
tersebut menyebabkan mereka lalai dan mengabaikan tanggungjawab da dunia pelaja
pka sebagai seorang pelajar.
Selain
itu, para pelajar yang terlibat dalam aktiviti permainan ini perlu menyediakan
wang secukupnya bagi setiap jam permainan. Jika beberapa jam diperuntukkan
untuk bermain, sudah pasti wang yang diperlukan juga bertambah. Mereka akan
menggunakan wang saku yang diberi oleh ibu bapa untuk tujuan yang tidak
berfaedah ini. Justeru, permainan ini merudikan wang mereka. Sepatutnya para
pelajar menggunakan wang tersebut untuk tujuan yang lebih berfaedah seperti
membeli buku-buku rujukan dan sebagainya.
Pelajar
yang ketagih dengan permainan ini sanggup ponteng sekolah atau melepak di
pusat-pusat video komputer. Ada pelajar yang sanggup membawa pakaian persalinan
untuk memudahkan mereka memasuki pusat permainan video tersebut. Justeru,
pengusaha pusat permainan tersebut tidak dapat mengenal pasti sama ada mereka
merupakan pelajar sekolah atau sebaliknya.
Permainan
video komputer juga boleh mempengaruhi minda pelajar ke arah unsur-unsur
negatif seperti peperangan dan keganasan. Aksi-aksi
seperti ni juga akan merosakkan pemikiran mereka serta meracuni fikiran para
pelajar. Gejaga ini dikhuatiri meninggalkan kesan dalam pemikiran mereka dan amempengaruhi
mereka untuk melakukan aksi tersebut di luar bilik darjah.
No comments:
Post a Comment