Saturday, March 15, 2014

Cara agar badan tetap bugar

       Ketika kita melakukan banyak aktifitas,sampai-sampai kita lupa akan istirahat.Itu akan membuat kita menjadi merasa lelah akan aktifitas yang kita jalani tersebut.Biasanya rasa kurang semangat itu akan sangat mengganggu sekali pada saat kalian melakukan sebuah aktifitas.Bisa saja kalian tidak konsen akan aktifitas yang sedang kalian jalani tersebut.Agar kalian tidak gampang lelah atau kalian ingin badan kalian tetap bugar.Gue akan memberikan tips dari sebuah sumber yang udah gue baca.Kali aja bakal bermanfaat buat kalian.

Dapatkan sinar matahari
       Mendapatkan cahaya dari matahari adalah cara alami untuk meningkatkan energi kalian saat akan memulai kegiatan. Bukalah jendela kamar dan sesegera mungkin matikan lampu ketika matahari mulai menampakkan dirinya.Selain untuk badan sinar matahari sangat bermanfaat sebagai sumber energi utama untuk mengubah provitamin D yang terdapat pada jaringan kulit menjadi vitamin D. Pembentukan vitamin D pada manusia memang sebagian besar difasilitasi oleh sinar matahari.
Vitamin D juga tak hanya sangat baik untuk tulang saja, namun juga sangat berperan untuk mencegah bebagai macam penyakit yang mematikan seperti vein thrombosesatau penggumpalan darah di kaki.
Salah satu cara untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup ialah dengan berjemur selama kurang lebih 30 menit dalam setiap hari. Dan berikut ini merupakan beberapa manfaat yang akan diperoleh dari berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Segera bangun
       Menahan diri beberapa saat untuk tetap tidur hanya akan membuat kalian merasa lelah dan mengantuk. Maka dari itu, Terman mengatakan lebih baik kalian segera bangun ketika pertama kali terjaga.Jangan sampe kalian malah memikirkan “ah bangunnya ntaran aja,nanggung”itu malah akan menjadikan kalian terus terbiasa dengan hal itu.Kalo memang agak susah untuk membiasakan diri untuk segera bangun,ada caranya juga nih.Ketika kalian bangun dengan tepat waktu atau pagi,biasakan untuk melakukan kegiatan seperti olah raga atau bisa kalian membereskan tempat tidur kalian.Yang lebih ampuhnya lagi,kalian bangun langsung mandi.Biasanya itu ampuh tuh,soalnya pas masih mata rada-rada sepet terus langsung mandi biasanya seger gitu.Kalo menurut gue yang lebih ampuh lagi untuk segera bangun itu,inget sama sholat shubuh.Itu bagi yang muslim yah.

Tambahkan minyak kelapa di makanan Anda
       Trigliserida pada minyak kelapa merupakan sumber energi yang bisa menimbulkan efek bersemangat lebih cepat ketimbang kopi. Jika kalian tak sempat membubuhkan minyak kelapa pada masakan, kalian cukup menggantinya dengan mencomot makanan ringan dengan rasa kelapa.

Sarapan kaya protein
       "Protein dalam makanan bisa membantu otak kalian berfungsi dengan baik," kata Joy Bauer, RD, penulis buku The Joy Fit Club. Cobalah pilih menu sarapan kaya protein misalnya telur, daging, atau kacang-kacangan.atau pun lain-lainnya.Tapi harus mengandung protein ya guys.Jangan makan es kalo pagi-pagi,bikin tambah bugar sih iya,tapi cepet dapet penyakitnya juga iya

Hindari makan di malam hari
       "Makan makanan berat sebelum tidur bisa membuat perut kalian begah dan tubuh tidak berenergi keesokan paginya. Jika kalian ingin nyemil di malam hari, lebih baik pilih buah, sayur, atau makanan ringan yang kandungannya kurang dari 150 kalori," kata Bauer.Bahkan kalo gue pikir juga kalo kalian makan malem pun itu hanya akan membuat kalian jadi menaikan berat badan anda juga.Lagian makan dimalam hari itu memang gak bagus kok.Kalo bisa hindari deh.Makan malem ya liat waktu.Jangan pas jam 11 malem keatas kalian makan.Itu mah waktunya tidur kali.

Tetap terhidrasi
       Menurut Bauer, jangan terlalu pelit pada diri sendiri untuk minum air. Menjaga tubuh tetap terhidrasi bisa membantu Anda memiliki tenaga menjalankan aktivitas sehari-hari.Air banyak manfaatnya juga kok.Saran dari gue minum air putih itu sehari minimal 8 gelas.Kalian boleh menambahkannya juga gapapa kok.Itu sangat baik buat kesehatan kalian dan sangat bermanfaat ketika kalian melakukan aktifitas kalian.Karna kalian pastinya sangat membutuhkan cairan.Ketika kalian beraktifitas itu tanpa disadari cairan tubuh kalian akan terus berkurang.Maka agar hal tersebut tidak sampai memubuat kalian letih,lebih baik langsung banyak minum air putih.Tapi bukan karna kalian lelah langsung minum segalon kalian abisinin.Maksud gue sebisa mungkin sempatkan diri untuk minum air putih.

Tidur lebih setiap hari
       Terman menyarankan Anda untuk tidur lebih awal 45 menit setiap Senin sampai Jumat. Saat akhir pekan, Anda bisa menambah waktu tidur beberapa jam. "Sehingga tak ada alasan bagi Anda untuk tidak berenergi karena kurang istirahat," ujar Terman.Kalo soal yang satu ini memang sangat dibutuhkan kalian banget nih guys.Ketika kalian selesai beraktifitas,jangan membiasakan diri untuk kelayapan atau membuang waktu kalian dengan percuma.Mendingan tuh kalian pulang kerumah dan langsung istirahat.Dengan istirahat yang cukup,keesokan harinya tubuh kalian kebugarannya tetap terjaga.

Olah raga
       Ketika kalian memiliki waktu luang yang kosong.Manfaatkan waktu kalian itu untuk berolah raga.Karna dengan berolah raga itu akan membuat kalian bisa lebih sehat lagi.Jangan gunakan waktu kosong kalian untuk melakukan hal yang tidak penting seperti tidur seharian atau pun hanya melamun.Itu mah sama aja kalian membuat diri kalian bermalas malasan dan akhirnya malah jadi lemes loh guys.Istirahat sih boleh,tapi yang sewajarnya aja lah.

Makan buah dan sayuran
       Selain makan makanan yang berprotein,kalian jangan lupa nih sama makanan yang lebih ampuh lagi,yaitu buah dan sayuran.Makanan ini sangat bermanfaat sekali buat tubuh kalian.


Itulah beberapa tips agar tubuh kalian tetap bugar.Silahkan dicoba dulu,kalo gue liat sih saran yang gue dapet itu kaya nya berguna.Soalnya ngasih tipsnya juga kan yang bener.Kecuali kalo yang salah baru gue kaga yakin hehehe.Oke itu lah tips yang bisa gue kasih.Semoga bermanfaat




Sumber  :
http://health.detik.com/read/2013/11/07/100053/2405794/766/2/8-cara-alami-agar-tubuh-tetap-sehat-dan-enerjik-sepanjang-hari

No comments:

Post a Comment