Monday, March 10, 2014

Hal-hal yang membanggakan dari Indonesia

       Postingan gue kali ini,gue akan ngasih tau ke kalian tentang apa aja sih yang membanggakan dari negara tercinta kita ini.Yah pasti beberapa orang dari indonesia cuma tau beberapa doang.Sebenarnya banyak yang bisa dibanggaakan dari indonesia.Antara lain adalah

1.Repullik Indonesia Merupakan Negara Kepulauan terbesar di Dunia
  Kalian juga pasti pada tau dong indonesia itu banyak sekali pulau-pulau.Pulau yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni ).Di indonesia sendiri ada 3 pulau dari 6 pulau yang terbesar di Dunia yaitu 
Kalimantan ( pulau terbesar ketiga di dunia dengan luas 539.460 km2) , Sumatera ( 473.606 km2 ) dan Papua ( 481.981 km2).Dunia pun mengakui kalo indonesia memang negara yang bagus dengan banyaknya pulau-pulau yang ada.

2.Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia
        Dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.

3. Pulau Jawa adalah pulau terpadat manusia di dunia
       Dimana sekitar 60% hampir penduduk Indonesia (sekitar 130 jt jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI. Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku.Maka nya saking padatnya disebagian kota besar jadi keliatan padat akan orang-orangnya.Dan apabila jumlah itu makin bertambah,entahlah bakal kaya apa nantinya.Bisa-bisa tenggelem kali yak pulau jawa saking kaga bisa nahan beban manusia yang makin bertumpuk hahaha.

4. Negara dengan berbagai macam bahasa
       Yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia. Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.Bagian ini nih yang paling gue suka karena hal ini adalah hal yang unik dari negara indonesia yaitu banyaknya macam bahasa.

5. Monumen Budha (candi borobudur) terbesar di dunia
       Adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850).Candi borobudur adalah salah satu 7 keajaiban didunia loh.Hebat kan negara indonesia bisa punya harta yang masuk 7 keajaiban dunia.

6. Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia,
       Yaitu : Pithecanthropus Erectus yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.Bayangin dah tuh manusia purba 1,8 juta tahun yang lalu bentuknya kaya apa.

7. Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II. Pada tahun 1945.
       RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.Jadi negara kita ini bisa dibilang udah jadi sesepuh atau buyut dari negara-negara lain hehehe.

8. Indonesia adalah Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)
       Pada tgl 7 Januari 1965. RI bergabung kembali ke dalam PBB pada tahun 1966.

9. Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambing supremasi bulutangkis pria,
       Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 x (pertama kali th 1958 & terakhir 2002).Dan menurut gue pemain bulu tangkis indonesia itu bisa dibilang hebat.Kalian tau sendiri lah prestasi-prestasi yang pernah diraih.Pastinya kalo soal bulu tangkis indonesia itu gak kalah dari negara lain.

 10.Indonesai merupakan negara yang memiliki binatang purba yang masih hidup sampai sekarang.
       Yaapppp,Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo Nusa Tenggara Timur dan merupakan kadal terbesar di Dunia.Panjangnya bisa mencapai 3 meter dengan berat bisa mencapai 90kg.Komodo termasuk juga kedalam Warisan dunia UNESCO.Waaawww hebat yah.

11.Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.
       Karena indonesia jadi tempat penghasil.Jadi indonesia suka ngirim hasilnya itu sampai ke luar negri gitu.

12.Terumbu Karang ( Coral Reefs) 
       Di indonesia adalah yang terkaya ( 18% dari total di dunia).Kalo diliat lebih jelas oleh kasat mata,terumbu karangnya itu bagus banget loh guys.

13. Indonesia ada satu jenis ikan yang merupakan ikan terkecil di dunia.
       Ikan ini baru ditemukan di rawa-rawa sumatera.Ikan ini memiliki panjang 7,7mm ketika dewasa atau sebesar nyamuk.Kecil banget itu mah.Coba kalo bocah disuruh nyerok itu ikan,dapet sih tapi agak susah.

14.Indonesia memiliki primata terkecil di dunia
       Hewan yang disebut Tarsier Pygmy ( Tarsier Pumilus) atau yang biasa disebut juga dengan Tarsier Gunung.Hewan ini mirip dengan monyet,yang mempunyai panjang hanya 10cm.Tarsier Gunung biasanya hidup di atas pohon dan terdapat di Sulawesi.

15.Indonesia merupakan tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia
       Ular yang ditemukan di Indonesai ini adalah jenis Phiton Recitulates,yang bisa mencapai panjang 10 meter.Coba kalian bayangin dah tuh uler segede gaban kaya gitu.Buat nelen buaya juga bisa,apalagi nelen kita yang manusia.Mungkin langsung disedot dengan mudah kali yah.Tapi kalo ngeliat uler yang gede nyampe segitu pun gue rada takut juga sih.

16.Indonesia mempunyai bunga yang terbesar di dunia yaitu Rafflesia Arnoldi
       Bunga ini sering disebut juga dengan bunga Bangkai,karena memang baunya yang sangat menyengat seperti gitu deh,gurih-gurih nyoy alias bau bangke.Coba kalian bayangin dulu bau bangke kaya apa.Bunga ini endemik di Pulau Sumatera terutama bagian selatan (Bengkulu,Jambi dan Sumatera Selatan).

17.Indonesai merupakan Boodiversity Angrek terbesar di dunia
       Ada enam ribu jenis anggrek di indonesai,muali dari yang terbesar ( Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum ) sampai yang terkecil ( Taeniophyllum yang tidak berdaun).Termasuk anggrek hitam yang langka yang hanya terdapat di Papua.

18.Indonesia memiliki hutan bakau terbesar di dunia
       Bakau adalah nama sekelompok tumbuhan dari marga Rhizophora, suku Rhizophoraceae. Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri yang menyolok berupaakar tunjang yang besar dan berkayu, pucuk yang tertutup daun penumpu yang meruncing, serta buah yang berkecambah serta berakar ketika masih di pohon (vivipar). Pohon bakau juga memiliki banyak nama lain seperti tancang, tanjang,tinjang,bangko,kawoka,wako,jangkar dan lain-lain.

19.Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian.
       Yaitu cengkeh(Cloves) dan Pala (nutmeg) serta no.2 dalam karet alam ( Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude palm oil).Kalo soal dari penghasil kaya begini mah,jangan ditanya.Indonesia itu memang penghasil nomor 1 dalam soal produk pertanian.Penghasilan yang didapat itu sangat banyak.

20.Indonesia mempunyai kekuatan militer no.1 di Asia Tenggara
       Walaupun Indonesia adalah bangsa yang sangat cinta damai,tapi kehebatan militer indonesia tidak perlu diragukakan lagi dah.Dari data World Military Strengh Rangking yang dikeluarkan pada tahun 2009 militer indonesia berada pada peringkat ke-14 dari 47 kekuatan militer di dunia.Dan merupakan yang terkuat di Asia tenggara dan ke-5 di Asia.Maka nya jangan macem-macem deh sama Indonesia,memang Indonesia cinta damai tapi itu gak berlaku selamanya.Senggol-senggol langsung bacok hehehe.

21.Mempunyai Batik yang telah diakui oleh UNESCO dan PBB 
       Yapppsss Batik merupakan warisan nusantara yang sempat jadi  "kontroversial" dengan negara  tetangga.Batik adalah salah satu warisan kemanusiaan untuk budaya dan nonbendawi yang telah diakui oleh dunia.Entah mengapa Negara tetangga bisa-bisanya mengakui kalo batik itu adalah asli warisan mereka.Hadduuuuhhh jangan ngaku-ngaku kaleeee.Batik asli dari Indonesia,made in Indonesia.Paham!!!!!!

22.Gamelan menjadi kurikulum sekolah di New Zealand,Singapura,Amerika  Serikat dan Jepang
       Gamelan Jawa telah menjadi kurikulum tetap di New Zealand School of Music (NZSM) sejak tahun 1975.dan konser Gamelan pertama  di dunia  diadakan di Kanada tahun 1986.

23.Kimilsungia bunga khas Korea Utara berasal dari Indonesia

       Ternyata bunga nasional Korea Utara yang bernama bunga Kimilsungia berasal dari Indonesia.Hal ini bermula ketika Presiden Kim Il Sung mengadakan kunjunan diplomatik ke Indonesia pada tanggal 13 April 1965..Ketika berjalan-jalan ke kebun raya Bogor bersama presiden Soekarno,Kim Il Sung tertarik dan berhenti untuk melihat Anggrek jenis "dendrobium" Makassar yang sedang  mekar.Presiden kemudian memberikan bungan itu sebagai hadiah ulang tahun sang tamu negara.Kemudian presiden berniat memberi nama,sehingga muncullah nama Kimilsungia,yang merupakan perpaduan antara Kim Il sung-Indonesia.Sejak saat itu bunga itu dijadikan sebagai bunga nasional Korea Utara.

Nah itulah hal yang bisa dibanggakan dari negara tercinta kita ini yaitu indonesia.Sebenarnya masih ada lagi ko yang lain.




Sumber  :
http://lisdabor0.blogspot.com/2012/11/hal-hal-membanggakan-dari-indonesia-di.html

No comments:

Post a Comment