Wednesday, March 5, 2014

Hal-hal unik yang mungkin cuma ada di Indonesia

       
       Di indonesia terdapat beberapa hal-hal yang unik dan mungkin itu cuma ada di indonesia.Kenapa gue ngebahas hal yang kaya gini,soalnya menurut gue indoesia selain mempunyai kekayaan alam yang luar biasa,ragam budaya yang cukup banyak.Indonesia juga memiliki hal-hal yang unik loh.Berikut hal-hal unik yang mungkin kalian ketahui

Mudik alias pulang ke kampung halaman

       Di indonesia hal tersebut bukan lah hal yang jarang kalian dengar,pasti sudah kalian dengar dan bahkan sering.Yap,mudik alias pulang kampung.Tradisi ini merupakan hal yang biasa kita lakukan ketika Lebaran Idul Fitri.Orang-orang pulang kampung pada saat Idul Fitri biasanya untuk berkumpul sekaligus untuk merayakan Idul Fitri disana.Sebenarnya sih tradisi tersebut tidak hanya pada saat Idul Fitri.Libur lainnya juga terkadang orang tetap mudik.Tapi memang yang paling sering tuh pada saat Idul Fitri itu.Sebenarnya sih Mudik bukan cuma satu-satunya yang ada di indonesia.Ada beberapa negara juga yang biasa melakukan tradisi seperti ini

Profesi yang identik dengan suatu daerah tertentu


       Kalian yang tinggal dikota besar umumnya mungkin tau lah.Ada beberapa profesi yang merupakan  ciri khas dari suatu daerah yang ada diindonesia.Contohnya,
1.Tambel ban,kalian pasti tau kan profesi yang kaya beginian.Kalo ban motor kalian bocor pasti dibawa ketukang tambel ban.Nah tukang tambel ban ini biasanya orang batak.Maaf nih bukan maksud gue menghina orang batak.
2.Tukang jualan pakaian.Kalo profesi yang ini biasanya kebanyakan orang padang.Tidak semuanya kok penjual pakaian orang padang juga.Tapi rata-rata lah.
3.Tukang pakas rambut,profesi yang satu ini biasanya memang banyak orang Garut yang berprofesi menjadi tukang cukur rambut.Gue juga sering dah tuh kalo lagi pangkas rambut abang-abangnya ngomong sama temennya dengan bahasa sunda gitu.bukan berarti dia orang sunda tapi mungkin beberapa bukan dari garut juga.
4.Tukang sate.Kalo menurut gue sih banyak juga kok yang menjalankan profesi tersebut orang madura.Setiap gue beli sate deket rumah gue kebanyakan tempat yang gue beli satenya itu emang orang madura.

Beragam tradisi suku adat budaya dan bahasa


       Untuk yang satu ini tidak perlu diragukan lagi.Bahkan banyak negara pun mengkauinya.Bahwa Indonesia memiliki banyak suku adat budaya dan bahasa.Itu merupakan contoh yang menjadikan ciri khas dari indonesia dan jarang di negara lain memiliki hal tersebut.Tapi yang paling gue suka itu di indonesia memiliki bahasa yang unik.

Permainan Tradisional dan Permainan unik


       Bagi kalian yang pernah merasakan pernah memainkan beberapa permainan tradisional dan unik ini pasti tau lah.Nih ada beberapa permainan tradisional dan unik
1.Gundu,tau kan pasti.Itu loh permainan sebuah kelereng yang bunder-bunder gitu.Mainnya dengan cara mengenai kelereng milik temen kalian dan kelereng tersebut biasanya jadi milik kalian.Selain dengan cara tersebut biasanya ada juga dengan cara memasang beberapa gundu lalu membuat garis seperti bunderan,persegi dll.Lalu kelereng kalian dipasang atau ditaro garis yang sudah kalian buat.Kalian harus mengeluarkan gundu yang kalian dan temen kalian pasang untuk memperoleh gundu tersebut.Tapi untuk mengeluarkannya ada ketentuannya juga loh.Pokoknya kalo soal gundun banyak deh ragam-ragam cara untuk memainkannya.Pastinya hal itu bikin seru.Dulu gue juga sering kok main beginian.Bahkan ada yang unik dari permainan tersebut yaitu suka gabungan gundu gitu sama temen biar gundunya jadi banyak.Kalo setiap main pun jadi bertemen gitu hahaha.Kalo gue pikir-pikir lucu juga.
2.Busrok (bungkus rokok).Jadi kalian mengumpulkan bungkus-bungkus rokok yang sudah tidak terpakai.Tetapi setiap bungkus rokok memiliki nilai yang berbeda beda.Untuk bungkus rokok yang sering ada dijalanan bernilai rendah sedangkan untuk rokok yang langkah itu bernilai tinggi.Permainan yang hampir mirip juga sama gundu.Bedanya permainan ini dimainkan dengan cara kita memasang busrok lalu mengenainya dengan cara melempar sendal.Untuk melempar sendalnya kita pun harus gambreng supaya bisa mendapatkan pelempar pertama.Tapi pelempar pertama itu tidak selalu beruntung loh.Apabila ada yang melempar lalu mendapatkan busrok tersebut.Sendal pelempar itu diincar dan bila mengenainya,pemain yang dapat semua bungkus rokok tersebut diserahkan kepada orang yang mengenainya.Hal tersebut terus menerus sampe pelempar terakhir.
3.Congklak,permainan yang menggunakan biji congklak dan bila tidak ada,bisa digantikan oleh biji-bijian dari tumbuhan atau bebatuan kecil.Yang main cuma bisa dua orang dengan menggunakan papan congklak.Untuk permainan yang satu ini gue agak susah untuk menjelaskannya.

Dan masih banyak lagi permainan yang lainnya yang ada di indonesia.Pastinya unik-unik.

Jajanan atau makanan khas indonesia


       Makanan-makanan yang unik dan pastinya lezat dan cuma ada diindonesia.Makanan-makanan tersebut juga memiliki asal daerah masing-masing.Contohnya
1.Aceh,aceh biasanya terkenal denga mie acehnya yang lezat.Mie kuning tebal dengan irisan daging sapi, daging kambing atau makanan laut (udang dan cumi) disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih dan pedas. Mie Aceh tersedia dalam dua jenis, Mie Aceh Goreng (digoreng dan kering) dan Mie Aceh Kuah (sup). Biasanya ditaburi bawang goreng dan disajikan bersama emping, potongan bawang merah, mentimun, dan jeruk nipis
2.Sumatra barat (padang) dengan ciri khas makanan Rendang atau bahasa padangnya "Randang".Rendang adalah salah satu masakan tradisional Minangkabau yang menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan utama dengan kandungan bumbu rempah-rempah yang kaya. Masakan dengan citarasa yang pedas ini digemari oleh seluruh kalangan masyarakat, dan dapat ditemukan di seluruh Rumah Makan Padang di Indonesia, Malaysia, ataupun di negara lainnya. Masakan ini kadang lebih dikenal dengan nama Rendang Padang, padahal rendang merupakan masakan khas Minang secara umum.
Pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN International.3.Sumatra selatan (palembang),ciri khas makanannya pempek atau empek-empek.Pempek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa pempek pusatnya adalah Palembang karena hampir di semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya.
Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Bagi masyarakat asli Palembang, cuko dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Namun seiring masuknya pendatang dari luar pulau Sumatera maka saat ini banyak ditemukan cuko dengan rasa manis bagi yang tidak menyukai pedas. Cuko dapat melindungi gigi dari karies (kerusakan lapisan email dan dentin). Karena dalam satu liter larutan kuah pempek biasanya terdapat 9-13 ppm fluor. satu pelengkap dalam menyantap makanan berasa khas ini adalah irisan dadu timun segar dan mie kuning.Ini nih salah satu makanan kesukaan gue.
4.Jakarta dengan ciri khas makanan Kerak Telor.Kerak telor adalah makanan asli daerah Jakarta (Betawi), dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.
5.Bandung ciri khas makanannya Serabi.Serabi kadang disebut srabi atau surabi merupakan salah satu makanan ringan atau jajanan pasar yang berasal dari Indonesia. Serabi serupa dengan pancake (pannekoek atau pannenkoek) namun terbuat dari tepung beras (bukan tepung terigu) dan diberi kuah cair yang manis (biasanya dari gula kelapa). Kuah ini bervariasi menurut daerah di Indonesia. Daerah yang terkenal dengan kue serabinya adalah Jakarta, Bandung, Solo, Pekalongan dan Purwokerto yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Ada juga surabi Arab yang terkenal karena keunikannya yang terdapat di kota bogor.

Gue rasa cukup segitu dulu lah.Gue bakal lanjutin lagi di episode kedua.Okeeee

No comments:

Post a Comment