Saturday, March 8, 2014

Tips untuk Tidur

9 Tips Untuk Membuat Tidur Anda Berkualitas (Nyenyak)

        Memperoleh tidur yang cukup sangatlah penting karena jika kalian selalu mendapatkan jam tidur yang kurang, akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan kalian. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan masalah pada berat badan, kemurungan (tidak bersemangat), masalah pada jantung,wajah jadi kurang terlihat enak dipandang,kantung mata menjadi hitam atau seperti mata panda dan bahkan membuat tubuh anda rentan terkena penyakit.Pastinya kalian tak ingin kan mudah kena penyakit.
 Kebanyakan orang mengetahui bahwa tidur sangatlah penting, namun mereka malah semakin hari semakin mendapatkan jam tidurnya berkurang karena alasan kerjaan yang menumpuk, kebiasaan tidur larut, main game, dsb.Mendingan kurang-kurangin deh untuk melakukan hal yang gak penting.
Sebelumnya sih gue juga suka begadang untuk main game.Bahkan itu gue lakuin sampe pagi.Selain itu gue juga suka banget nongkrong bareng temen sampe pagi.Setelah gue begadang sampe pagi,gue langsung tidur sampe siang.Dan efeknya keliatan,gue jadi agak kurang semangat,badan pegel-pegel,terus mata gue kaya mata panda gitu.
Yah itu intermezzo sedikit tentang kebiasaan jelek gue tentang begadang. Bagi kalian yang memiliki pola hidup seperti gue, gue saranin untuk segera merubahnya. Mungkin saat ini kalian belum terasa karena kalian masih muda, namun seiring bertambahnya umur kalian, biasanya kalian akan mulai merasakan gejala-gejala akibat pola tidur dan pola makan yang buruk.Efeknya itu bener-bener bikin gak enak banget loh.Maka dari itu saran dari gue cepet-cepet ubah pola yang buruk.Begadang boleh tapi kalo bisa ada artinya hahaha.Udah kaya lagu bang roma aja.Yah begadang boleh asal jarang-jarang aja.Jangan terlalu sering
Oke kembali ke topik utama kita kali ini, yaitu 9 tips yang akan membantu kalian mendapatkan tidur yang berkualitas :
1. Berolahraga
Para ahli kesehatan, siapapun dan dimanapun, pasti menganjurkan kita untuk berolahraga rutin. Mungkin kalian pun sudah bosan mendengarkan nasihat ini berkali-kali. Tak ada salahnya gue mengingatkan sekali lagi kali ini.
Banyak sekali manfaat berolahraga, salah satunya membantu kalian agar cepat tidur di malam hari dan anda memperoleh tidur yang berkualitas (nyenyak).Selain itu olah raga baik juga untuk kesehatan jasmani dan rohani kalian.
2. Jadwalkan waktu tidur kalian
Menjadwalkan tidur kalian secara teratur juga merupakan hal yang penting dalam mendapatkan tidur berkualitas. Hindari hari ini kalian tidur pukul 9 malam, keesokan hari pukul 12 malam dan keesokan harinya lagi pukul 10 malam. Keteraturan akan membantu metabolisme dalam tubuh kalian akan berjalan baik.
3. Kenali kebiasaan kalian
Menyambung poin 2 diatas, begitu kalian mengetahui jam tidur kalian setiap malam, pastikan kalian mempersiapkan segala sesuatu yang biasa anda lakukan sebelum tidur dengan baik agar jam tidur anda tidak terlewat. Sebagai contoh : kalian berencana untuk tidur setiap malam pukul 11 dan kalian mempunyai kebiasaan membaca kurang lebih setengah jam sebelum tidur. Artinya pukul 10.30 maksimal kalian harus sudah mulai membaca sehingga pukul 11 malam kalian sudah tertidur.
4. Jangan mengkonsumsi makanan yang berat sebelum tidur
Pastikan kaliam tidak makan berat atau terlalu banyak sebelum tidur. Makan malam yang ringan sangatlah disarankan. Saat ini sering gue mendengar orang-orang melakukan diet di malam hari. Banyak rekan-rekan gue mulai melakukan hal ini : mereka makan sedikit nasi atau bahkan tidak makan nasi sama sekali, hanya lauk pauk dan sayur-sayuran saja. Hal ini baik sekali. Perut yang sangat penuh dapat membuat kalian kesulitan untuk tidur. Jika kalian masih merasa lapar, disarankan mengemil buah-buahan saja dibanding ’junk food’.
Gue pernah mendengar nasihat dari orang yang sangat sukses dan bijak, diusianya yang sudah berkepala 6 namun tetap energik seperti usia 40 tahun : ”cukup tidur, banyak minum dan makan jangan terlalu kenyang.”
Ya, nasihat yang sangat sederhana namun dapat membuat orang berumur panjang.
5. Matikan komputer kalian
Jika kalian adalah penggila komputer entah itu untuk browsing ataupun bermain game, disarankan kalian membuat jeda antara kalian berhenti bermain komputer dengan saat sebelum kalian naik ke atas ranjang anda, minimal ½ jam. Biasanya kita akan mengalami kesulitan untuk tidur jika kita langsung berbaring sehabis menggunakan komputer. Relax-kan otak kalian sejenak, karena otak kalian masih ‘panas’ saat itu.
Memang kadang-kadang sulit untuk melakukan hal ini, seperti yang gue alami, karena kita sedang asik-asiknya dan pasti merasa sayang sekali jika kita menyia-nyiakan waktu setengah jam tersebut tidak berada di depan komputer.
Namun gue juga merasakan jika otak gue telah dingin, gue menjadi lebih cepat untuk tertidur.
6. Jangan mengobrol di telepon sebelum tidur
Ini mirip dengan poin no 5. Ketika kalian mengobrol dengan teman kalian di telepon, otak kalian saat itu berada pada ‘mode siaga’. Perlu waktu untuk merubahnya menjadi ‘mode tenang’. Luangkan waktu kira-kira setengah jam untuk mendinginkan otak kalian sebelum kalian pergi tidur. Otak yang tenang tentu saja membuat kita lebih cepat untuk tertidur.
7. Pastikan lampu kamar kalian padam
Sangat disarankan jika kita tidur dalam keadaan kamar yang gelap. Hampir sebagian besar ahli menyarankan untuk mematikan lampu saat kita beristirahat karena akan mempengaruhi kualitas tidur kita. Gue pernah membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa efek cahaya akan merangsang hormon tertentu dan akhirnya mempengaruhi metabolisme di dalam tubuh kita.
Biasanya jika ruangan tempat kita beristirahat dalam keadaan gelap, tidur kita akan nyenyak dan jarang sekali terjaga.
8. Kasur
Apakah kasur anda sudah terlalu tua untuk anda gunakan? Apakah pada bagian tengahnya sudah lebih kempis dibandingkan sisi-sisinya? Jika demikian, gue sarankan anda untuk menggantinya dengan yang baru, yang akan menopang tubuh kalian lebih baik sehingga kalian merasa jauh lebih nyaman selama tidur.
Hal ini biasanya terjadi pada kasur yang berisikan kapuk. Model ‘spring bed’ jarang sekali terjadi.
9. Lingkungan tidur anda
Jika kalian seringkali terbangun hanya untuk mematikan AC atau kipas angin karena kedinginan, hal tersebut jelas sangat mempengaruhi kualitas tidur kalian. Aturlah timer pada AC / kipas angin tersebut atau jika tidak terdapat timer, pastikan kalian menyelimuti diri kalian sebelum tidur sehingga kalian tidak terbangun di tengah malam untuk mematikan AC atau kipas angin.
Jadi para pembaca yang budiman,yang baik,yang manis,yang imut-imut dan gurih gurih nyoy.Mulai hari ini kalian bisa melakukan tips-tips diatas agar tidur kalian lebih berkualitas, sehingga pada keesokan hari kalian dapat memulai hari kalian dengan lebih segar dan ceria.

4 Manfaat Positif yang Didapat Dari Tidur Teratur

Semua orang tahu bahwa tidur adalah suatu keharusan. Namun tahukah Anda manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan dari tidur? Tidak jarang Anda larut dalam pekerjaan hingga membuat waktu tidur Anda berkurang. Padahal dengan tidur cukup dan teratur Anda bisa meningkatkan segala aspek kesehatan. Berikut alasan mengapa Anda perlu mendapatkan waktu tidur yang cukup, seperti yang dikutip dari sheknows.

1. Tidur bantu dapatkan seks hebat
Para ahli melaporkan, kurang tidur pada pria dan wanita dapat menurunkan tingkat libido dan dorongan melakukan hubungan seksual. Hal ini dikarenakan energi terkuras, mengantuk dan tensi yang meningkat. Ketika Anda memiliki waktu tidur sekurang-kurangnya tujuh jam setiap malam, dengan mudah Anda akan mendapatkan kembali energi dan siap untuk menjalankan segala aktivitas termasuk aktivitas seksual.

2. Tidur bantu dapatkan tubuh ideal
Tidak peduli berapa lama waktu yang Anda habiskan di pusat kebugaran, jika Anda tidak memiliki tidur yang cukup, badan ideal pun hanya akan jadi mimpi Anda. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa tidur memiliki peran penting dalam aktivitas hormon. Hal inilah yang mempengaruhi nafsu makan dan metabolisme. Menurut beberapa laporan penelitian, wanita yang tidur delapan jam sehari cenderung lebih mudah dalam menurunkan berat badannya.

3. Tidur buat Anda tampak lebih muda
Cara termudah untuk melawan keriput adalah dengan memiliki waktu beristirahat yang cukup. "Tidur malam yang baik akan memastikan bahwa Anda terjaga segar, tampak berseri-seri dan awet muda," kata pakar anti-penuaan, dr Nicolas Perricone. Tidur bagus untuk menghindari terjadinya kantung mata dan bantu regenerasi sel-sel tubuh.

4. Tidur buat pernikahan Anda lebih bahagia
Seperti yang dijelasakan pada artikel sebelumnya, tidur yang cukup ternyata juga bisa membuat sebuah pernikahan lebih bahagia. Wanita yang memiliki kualitas tidur yang baik biasanya lebih bijak dalam menghadapi masalah rumah tangga. Kesabaran mereka pun lebih terjaga saat menghadapi suami, sehingga konflik dapat teredam.


Sumber   :

http://wolipop.detik.com/read/2012/10/29/072653/2074597/1135/4-manfaat-positif-yang-didapat-dari-tidur-teratur

No comments:

Post a Comment