Monday, March 3, 2014

Hal spele yang ternyata berbahaya

       Terkadang hal spele hanya kita biarkan begitu saja terjadi,ternyata hal spele yang kita biarkan itu dapat menjadi berbahaya.Berikut hal-hal spele yang dapat berbahaya

1.Mengucek mata.Kenapa?Mulailah menghindari kebiasaan yang satu ini. Menurut para dokter, gosokan yang lembut sekalipun pada mata bisa meningkatkan tekanan yang memicu terjadinya glaucoma atau penyakit kebutaan. Sebuah studi juga menemukan kalau memakai kaca mata renang, tidur telungkup atau melakukan olahraga di gym bisa memicu glaucoma dan penyakit mata yang berkaitan dengan tekanan mata lainnya. 
Setiap sentuhan yang mengenai kelopak mata, menurut profesor Charles McMonnies dariUniversity of New South Wales Shool of Optometry and Vision Science, bisa meningkatkan tekanan mata. Sentuhan ringan akan menambah sedikit tekanan tapi sentuhan yang kuat bisa memicu peningkatan tekanan 3-5 kali dari tekanan normal. 
Karena itu, ada baiknya lebih berhati-hati dalam menyeka mata berair atau make-up di sekitar mata. Proses ini melibatkan kontak dengan kelopak mata. Dalam kasus mengucek mata, yang meilibatkan kelopak dan juga bola mata, tekanan mata bisa meningkat 10 kali lipat dari normal. Masih ingin mengucek mata?  Sebaiknya mulai dihentikan dari sekarang.

2.Sering mengorek kuping terlalu dalam.Jangan membiasakan diri untuk melakukan hal ini terus menerus,kalo bisa sih kurang-kurangin lah.Menurut dr Peter Roland dari University of Texas, menggunakan cotton bud berisiko melubangi gendang telinga, menyebabkan perdarahan dan hilangnya pendengaran yang bersifat sementara. 

3.Makan dan minum sambil berdiri.Ternyata makan sambil berdiri pun dapat membahayakan bagi kesehatan kita juga.Apabila kita makan sambil berdiri, maka akan terjadi reflux asam lambung. Dengan kata lain, asam lambung akan naik ke saluran esofagus dan membuat sel-sel kerongkongan teriritasi. Iritasi sel kerongkongan ini dikarenakan pH asam lambung yang sangat asam (pH 1 – 2,5) dan kadang ditandai dengan gejala panas terbakar yang menyesak di dada (disebut sebagai “heartburn”). Bila kita tetap bandel membiasakan makan atau minum sambil berdiri dalam jangka waktu panjang, iritasi sel-sel kerongkongan ini akan berakumulasi dan menyebabkan kanker saluran esofagus. Cara mencegah reflux asam lambung ini adalah dengan makan sambil duduk.Dulu sih gue juga suka makan atau minum sambil berdiri.Tapi karna dalam agama islam hal kaya gitu kaga dianjurin,jadi sesuatu yang  bersifat dapat menyebabkan penyakit sebaiknya dihindarin.Lagian mendingan juga makan atau minum sambil duduk.Gue terkadang masih suka minum sambil berdiri sih,tapi kalo untuk makan gue selalu usahakan untuk selalu duduk.

4.Suka membunyikan jemari tangan.Memang asik sih kalo tangan lagi pegel-pegel,terus kita mengkretek-kretekannya atau membunyikannya.Biasanya sih setelah melakukan hal tersebut jemari tangan kita jadi sedikit lebih enak.Tetapi perlu diketahui, Menurut sebuah studi dengan 300 partisipan yang dipublikasikan di Journal of Manipulative and Physiological Therapeutics, hal ini bisa memicu kerusakan persendian.Studi ini memang tidak menemukan hubungan antara membunyikan persendian dengan radang sendi, tetapi kebiasaan ini mengakibatkan kerusakan lain termasuk kerusakan jaringan lunak hingga kapsul persendian serta melemahnya daya cengkram.

5.Mengemudi dengan jendela terbuka.Asik sih kalo melakukan hal tersebut pada saat perjalanan.Apalagi kalo didaerah pegunungan gitu.Anginnya semeriwing-semeriwing gitu,asoy lah pokonya.Gue kira sih hal kaya gitu gak ngepek apa-apa bagi kesehatan kita.Dan ternyata Sebuah studi dari University of Southern California (Universitas California Selatan) menemukan bahwa menghabiskan hampir enam persen waktu dalam sehari untuk berkendara dengan jendela terbuka menyebabkan tubuh terkena 45 persen polutan yang kita hadapi dalam 24 jam. Di perkotaan, mengemudi dengan jendela terbuka dapat memberi ancaman lebih besar terhadap kesehatan Anda. Daripada membuka jendela ketika macet di jalan umum, cobalah biarkan udara sejuk masuk sebelum Anda memulai perjalanan Anda, setelah itu lindungi rambut Anda dari terpaan angin selama perjalanan melalui .

6.Melakukan olah raga yang berlebihan atau terlalu lama.Olah raga adalah merupakan salah satu hal yang baik untuk kesehatan kita,selain itu dengan olah raga kita dapat membuang penyakit-penyakit yang ada ditubuh kita.Tapi kalo kita melakukan olah raga terlalu lama itu juga gak baik.Dan ternyata,melakukan aktivitas baik yang berlebihan pun dapat menjadi kontraproduktif dan itu juga berlaku saat kita berolahraga. Memacu tubuh kita terlalu keras dapat menyebabkan perubahan hormonal yang abnormal (yang dapat memicu naiknya berat badan), sistem kekebalan tubuh semakin lemah, gangguan otot, tulang kaki penyangga dan masalah-masalah lutut, kaki atau punggung. Maka dari itu, agar dapat menuai manfaat olahraga demi gaya hidup sehat, jangan berlebihan. Mengharapkan perut seperti Arnold Schwarzenegger dengan dua pekan olahraga rutin tidak akan terjadi dan itu tidak akan menyehatkan, sebaliknya malah membahayakan kita.Beberapa hari yang lalu gue ngelakuin olah raga yang berlebihan.Pagi gue futsal dan gue main full dan untuk sorenya gue berenang selama kurang lebih 3 jam.Efeknya kerasa setelah keesokan harinya.Badan gue jadi pegel-pegel dan gue ngerasa kurang semangat pas waktu kuliah.

7.Tidur cuma sebentar.Nah bagi yang suka begadang kurang-kurangin dah tuh hal yang kaya begini.Penelitian ilmiah membuktikan bahwa kita akan terlihat kurang menarik jika sedikit tidur, tapi kelopak mata yang menghitam dan kulit yang pucat hanya seberapa dibanding efeknya pada kesehatan. Tidak peduli seberapa sehat kalian, seberapa sering kalian berolahraga, atau seberapa tinggi berat badan kalian, terlalu sedikit memejamkan mata dapat memengaruhi kesehatan kita. Para ilmuwan meneliti 5.600 orang dengan berat badan dan ukuran badan yang sehat selama tiga tahun dan menemukan bahwa orang yang melewatkan jam tidur empat kali lipat berisiko stroke dan penyakit jantung. Perbaiki waktu tidur kalian dan tidurlah sesuai dengan jam waktu tidur yang sudah kalian buat.Dan pas sebelumnya kurang tidur juga dapat menyebabkan penyakit kulit diwajah,salah satunya jerawat.Hal itu yang gue bahas kemaren tentang penyebab jerawat.

8.Membawa barang yang berlebihan ditas.Kadang ada orang yang membawa barang itu sampai berlebihan.Padahal mah belom tentu juga itu barang bawaan bakal kepake juga nantinya.Membawa beban berat benar-benar membahayakan kesehatan kita karena dapat menyebabkan kejang-kejang pada punggung, penyakit degenerasi, masalah leher, radang sendi dan postur tubuh. Bersihkan handbag kalian, dan dapat kalian pertimbangkan untuk menggantinya dengan tas yang lebih kecil supaya barang yang dibawa lebih sedikit.

Nah buat kalian tinggalin dah tuh kebiasaan-kebiasaan buruk kaya begono.Biasakan diri untuk hidup yang lebih sehat dan teratur.Sekian dari tips yang gue berika,semoga bermanfaat.

sumber   :
http://id.she.yahoo.com/sepuluh-kebiasaan-yang-berbahaya-bagi-kesehatan-094611247.html
http://www.kaskus.co.id/thread/5311ad115ccb17ca0500000f/kebiasan-sepele-yang-ternyata-berbahaya/

No comments:

Post a Comment